Waspada Suhu Tinggi Melanda Indonesia Efek Fenomena El Nino!

Fenomena Elnino
Fenomena Elnino

Waspada Suhu Tinggi Melanda Indonesia Efek Fenomena El Nino!

sEntra – Peringatan puncak el nino yang terjadi di Indonesia baru-baru ini disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati pada Selasa kemarin (18/07/2023).

 

Puncak fenomena El Nino ini dikabarkan akan terjadi pada Agustus hingga September 2023. Hal ini disampaikan oleh Dwikorita usai rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

 

“Diprediksi puncaknya akan terjadi pada Agustus-September dan El Nino ini intensitasnya lemah hingga moderat,” kata Dwikorita.

 

Dampak El Nino yang terjadi di Indonesia ini dikatakan akan berdampak pada ketersediaan air serta ketahanan pangan.

 

Fenomena Elnino
Fenomena Elnino

 

Dwikorita juga menyampaikan bahwa kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi pun masih besar. Bisa saja suatu wilayah dilanda kekeringan, namun saat bersamaan wilayah tetangga mengalami banjir ataupun longsor. Hal ini terjadi karena letak geografis Indonesia yang berada diantara dua samudra dan banyaknya pegunungan yang ada di Indonesia pun menjadi hal yang mempengaruhi bencana hidrometeorologi.

 

Kepala BMKG, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk terus menjaga lingkungan, mengatur tata kelola air, beradaptasi terhadap pola tanam, serta selalu memantau perkembangan cuaca dan iklim dari waktu ke waktu untuk menghadapi El Nino.

 

Apa itu El Nino?

Menurut bmkg.go.id, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. 

 

El Nino yang umumnya terjadi di Samudra Pasifik, pasti akan berdampak besar bagi Indonesia karena letaknya yang bersebelahan dengan negara kita secara geografis. El Nino yang terjadi di Indonesia biasanya ditandai dengan menurunnya curah hujan terutama di wilayah timur seperti Nusa Tenggara dan Papua.

 

Apa saja dampak dari fenomena El Nino?

Fenomena El Nino ini sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Dampak fenomena El Nino ini paling besar dirasakan oleh wilayah yang berada di garis khatulistiwa yang salah satunya adalah Indonesia. Adapun beberapa dampak yang terjadi diantaranya:

 

  1. Meningkatnya perubahan suhu

El Nino ini berdampak pada meningkatnya suhu udara baik di Indonesia maupun di skala global. Hal ini terjadi karena suhu air yang lebih hangat dan menyebar lebih jauh dan tetap lebih dekat ke permukaan.

 

  1. Kekeringan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Selama fenomena El Nino, curah hujan akan mengalami penurunan yang dapat menyebabkan panjangnya musim kemarau di Indonesia dan berdampak pada kekeringan. Kekeringan akibat fenomena ini biasanya terjadi pada wilayah yang berada di garis khatulistiwa yang merupakan jalur dari angin pasat.

 

Suhu Kemarau (Sumber: Okezone Tren/Begini Cara RI Antisipasi Hadapi Musim Kemarau 2023)
Suhu Kemarau (Sumber: Okezone Tren/Begini Cara RI Antisipasi Hadapi Musim Kemarau 2023)

 

  1. Gagal panen

Dampak yang paling dirasakan dari El Nino ini adalah pada sektor pertanian. Rendahnya intensitas hujan ini berdampak pada minimnya persediaan air sehingga mengakibatkan tanaman untuk pertanian menjadi rusak karena kekurangan air.

 

  1. Munculnya berbagai penyakit

Kekeringan yang disebabkan El Nino juga berdampak pada kesehatan manusia. Cuaca yang ekstrem ini dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, panas dalam, dehidrasi, kolera, dan lain sebagainya. Selain dari penyakit tersebut, El Nino juga bisa menyebabkan masalah pada paru-paru akibat meningkatnya polusi udara karena intensitas hujan yang rendah sehingga polutan yang ada tidak dapat dibersihkan melalui hujan. Penyakit lain yang timbul dari fenomena ini adalah penyakit mata yang disebabkan oleh udara yang kering dan juga sangat berdebu sehingga menyebabkan infeksi pada mata.

 

Fenomena El Nino merupakan fenomena yang sangat besar dan menakutkan bagi beberapa wilayah yang terdampak. Dengan melakukan pencegahan seperti mengatur penggunaan air, mengadaptasi pola tanam bagi pertanian, menjaga keseimbangan lingkungan serta menjaga kesehatan dan kebersihan merupakan langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk dari El Nino ini. Sebagai masyarakat, sudah selayaknya kita menyadari dan mengetahui secara jelas fenomena alam yang akan terjadi seperti fenomena El Nino ini agar bisa dengan bijak mengatasi permasalahan yang akan terjadi. Jadi, sebagai sEntrative yang bijak, mari kita persiapkan diri menghadapi puncak El Nino ini!

Pos terkait