Euforia Kemenangan! Timnas Indonesia U-19 Sabet Gelar Juara AFF 2024

Potret pertandingan Indonesia melawan Thailand di kompetisi AFF U-19.Timnas sepak bola Indonesia U-19 telah sukses meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Timnas Thailand U-19 dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Jens Raven pada menit 17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7). Gelar juara ini merupakan gelar kedua kalinya bagi Indonesia setelah terakhir kali menang pada tahun 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Kedua tim saling menjajaki permainan pada awal pertandingan. Pada menit ke-13 Indonesia mendapatkan peluang pertama melalui tendangan Arlyansyah Abdulmanan, namun peluang tersebut berhasil diblok oleh tim lawan. Thailand hampir saja mencetak gol kemenangan namun membentur tiang. Gol Indonesia tercipta pada menit ke-17 dari skema bola mati. Sepak pojok Muhammad Kafiatur berhasil disundul Kadek Arel dan diteruskan Jens Raven yang mencetak gol keempatnya di turnamen ini, membuat Indonesia unggul 1-0.

Timnas Indonesia U-19 memulai pertandingan dengan baik. Indonesia menekan Thailand begitu pertandingan dimulai. Peluang emas pertama baru tercipta pada menit 13. Sayangnya aksi Arlyansyah Abdulmanan masih mampu diblok oleh pemain belakang Thailand.

Usai tertinggal 1-0 oleh Indonesia, Thailand terus menekan Indonesia. Namun pertahanan timnas Indonesia yang dikomandani Kadek Arel dan Ikram Algiffari yang sangat tangguh menghadang serangan-serangan Thailand.

Dibabak yang kedua,Thailand terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Mereka meningkatkan intensitas serangan dan mencoba berbagai cara untuk menembus pertahanan Indonesia. Namun, pertahanan timnas Indonesia terlalu kokoh untuk penyerang Thailand. Walaupun, di beberapa momen Thailand berhasil membuat ancaman di garis pertahanan Indonesia seperti di menit sepakan bebas Thailand di menit 79 berhasil diselamatkan oleh Ikram Alghifarri. Pada akhirnya, Peluit akhir ditiup wasit Faisal Sulaeman. Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 setelah menaklukkan Thailand 1-0. Gol semata wayang dari Jens Raven membuat Merah Putih berkibar di podium tertinggi.

Juara pada tahun ini jadi gelar kedua Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 setelah 2013. Thailand dan Australia jadi yang paling sering juara Piala AFF U-19 dengan lima kali juara.

Usai pertandingan, penyelenggara memberikan penghargaan kepada sejumlah pemain untuk apresiasi kepada pemain. Berikut Daftar Lengkap Penghargaan Piala AFF U-19 2024:

Ikram Algiffari 🇮🇩 (kiper terbaik) 

Jake Najdovski 🇦🇺 (top skor 5 gol)

Dony Tri Pamungkas 🇮🇩 (pemain terbaik)

 

Juara

Champion : Timnas Indonesia U-19

Runner up: Thailand U-19

Second Runner up: Australia U-19

Pos terkait